A2K4 INDONESIA

Kata Pengantar

Assalamua’laikum Wr.Wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkah dan karunia-Nya pada kita semua, khusunya kepada para Ahli K3 Konstruksi di negeri yang makmur ini. Salawat serta salam kepada junjungan kita semua Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW.

Buku Pedoman Sertifikasi Ahli Madya K3 Konstruksi ini diterbitkan sebagai edisi yang ke-3, untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap bagi setiap orang yang menginginkan untuk menjadi Ahli K3 Konstruksi. Juga bagi siapa saja yang memerlukan informasi tentang proses permo- honan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Ahli yang bersangkutan, mengingat keberadaan sebagai Ahli K3 Konstruksi harus mampu untuk dipertanggung- jawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan (stakeholder), baik kepada Pengguna Jasa, maupun Penyedia Jasa dan lingkungan masyarakat yang terkait dengan jasa keahlian K3 Konstruksi tersebut.

Badan Sertifikasi Ahli (BSA) A2K4-Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus LPJKN No. 07/KPTS/LPJK/D/II/2008 tentang Penetapan Akreditasi kepada A2K4-Indonesia tanggal 13 Februari 2008, mendapatkan lisensi untuk dapat menerbitkan Sertifikat Ahli K3 Konstruksi, menjadikan BSA A2K4-Indonesia harus selalu mengembangkan sistem pengujian kompetensi yang handal, transparan dan terpercaya dihadapan para pengguna Tenaga Ahli K3 Konstruksi tersebut khususnya dan masyarakat luas umumnya, dalam rangka memenuhi kewajiban dan kewenangan untuk melakukan uji kompetensi dan menerbitkan sertifikasi kepada Ahli K3 Konstruksi secara Nasional.

Upaya pengembangan sistem pengujian tersebut secara berkesinam- bungan telah dilakukan dengan mempertimbangkan Continual Professional Development (CPD) yang harus dimiliki oleh setiap orang Ahli K3 Konstruksi, agar memiliki kemampuan merencanakan, mengawasi dan menyelesaikan permasalahan kegiatan K3 Konstruksi di tempat kerja untuk memberikan  perlindungan kepada pekerja, properti, material dan lingkungan dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Ahli Madya dan Ahli Utama K3 Konstruksi merupakan jenjang kelanjutan dari profesi keahlian K3 Konstruksi yang menjadi harapan setiap Ahli Muda K3 Konstruksi yang secara aktif meningkatkan kompetensi secara berkelanjutan dalam program Continual Professional Development (CPD).

Setiap orang yang mengaku dirinya profesional, harus mampu menunjukkan kemampuannya berdasarkan pengalaman dan kompe- tensinya untuk mendapatkan pengakuan yang setara sesuai standar kompetensinya. Ahli K3 Konstruksi harus mampu mandiri melaksanakan seluruh kewajiban dan tanggung jawabnya sesuai kompetensi yang dipersyaratkan dalam SKKNI Ahli K3 Konstruksi.


Dengan demikian, asesmen kompetensi Ahli Madya dan Ahli Utama K3 Konstruksi, harus didasarkan pada penilaian peningkatan pengalaman dan pelatihan di bidang K3 yang telah dilakukannya sebagai upaya untuk mencapai tingkat profesi Ahli Madya dan Ahli Utama K3 Konstruksi yang benar-benar mampu bekerja secara profesional dan mandiri di proyek- proyek konstruksi yang berisiko tinggi terhadap kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Selanjutnya diharapkan kepada para pemohon sertifikasi Ahli K3 Konstruksi dan semua yang terlibat dalam proses uji kompetensi dan sertifikasi tersebut, dapat mengikuti, mentaati dan mematuhi semua persyaratan dan peraturan yang telah ditetapkan dalam rangka mencapai kompetensi Ahli K3 Konstruksi yang sesuai.


Atas kerjasama dan perhatiannya untuk memenuhi semua ketentuan diucapkan terima kasih. Selamat bekerja dan semoga kesuksesan selalu menyertai anda.

Wassalamua’laikum Wr.Wb.



Jakarta, Oktober 2011

Manajemen BSA A2K4-Indonesia