A2K4 INDONESIA

BAB V - SERTIFIKASI

Penerbitan Sertifikasi

Sesuai ketentuan yang ditetapkan untuk mendapat pengakuan dari LPJKN, proses setelah dilakukan pemutusan kelulusan peserta uji kompetensi di BSA, maka dilakukan pengajuan permohonan registrasi Ahli K3 Konstruksi oleh BSA ke LPJKN.

LPJKN akan memeriksa kelengkapan persayaratan yang diajukan dan apabila telah memenuhi persyaratan, maka pengajuan peserta akan diberi nomor registrasi dan mengijinkan BSA untuk mencetak sertifikasi bagi peserta yang bersangkutan. Sedangkan apabila tidak memenuhi persyaratan, maka pengajuan akan dikembalikan untuk diperbaiki oleh BSA, dapat juga merupakan penolakan permohonan sertifikasi.

Proses sertifikasi diupayakan diselesaikan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu, agar dapat menjadikan perhatian bagi setiap permohonan sertifikasi Ahli K3 Konstruksi.

Masa Berlaku Sertifikasi

Masa berlaku sertifikasi adalah 3 (tiga) tahun sejak tanggal diterbitkannya sertifikasi dan selanjutnya dapat mengajukan permohonan perpanjangan sertifikasi kepada BSA dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Perpanjangan Sertifikasi

Diharapkan setiap orang yang sudah menjadi Ahli Muda K3 Konstruksi dapat mengajukan permohonan untuk menjadi Ahli Madya K3 Konstruksi setelah memenuhi persyaratan CPD selama aktif menjabat sebagai Ahli Muda K3 Konstruksi pada pelaksanaan proyek-proyek konstruksi. Tetapi, apabila tidak memungkinkan, maka sebagai Ahli Muda K3 Konstruksi masih diberikan kesempatan untuk memperpanjang statusnya sebagai Ahli Muda K3 Konstruksi agar dapat melanjutkan pekerjaannya di proyek-proyek konstruksi.

Untuk memenuhi persyaratan perpanjangan Ahli Muda K3 Konstruksi, maka pemohon harus menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut :

a. Formulir Permohonan Perpanjangan, yang telah diisi lengkap (formulir dapat diambil atau di download di Sekretariat BSA).
b. Riwayat Pekerjaan atau Curicculum Vitae atau Riwayat Hidup.
c.  Menyerahkan Buku Kinerja Profesi Ahli K3 Konstruksi dan bukti-bukti otentik lainnya untuk dilakukan Uji Portofolio.
d. Pasfoto ukuran 2x3 dan 3x4 masing-masing sebanyak 4 lembar.
e. Bukti transfer biaya perpanjangan sertifikasi (apabila pembayaran melalui transfer).
f.  Lulus Uji Portofolio kegiatan K3 sesuai persyaratan CPD (lihat Lampiran I), verifikasi dan validasi oleh BSA pada Buku Kinerja Profesi Ahli K3 Konstruksi dan bukti-bukti otentik lainnya terkait K3 Konstruksi.
g. Apabila penilaian portofolio tidak memenuhi, maka harus mengikuti
pelatihan pembekalan selama 8 (delapan) jam pelajaran.

Share