A2K4 INDONESIA

BAB VII PEMBINAAN & PENGHARGAAN PROFESI

Pembinaan Profesi

Keprofesian Ahli K3 Konstruksi harus tetap dipelihara dan ditingkatkan secara terus menerus dengan menambah keilmuan, pengalaman dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di proyek-proyek konstruksi.

Salah satu bentuk pembinaan profesi anggota yang sifatnya aktif adalah dalam bentuk CPD yang berkelanjutan. Untuk mendukung CPD tersebut, Asosiasi A2K4-Indonesia telah membentuk Lembaga Pendidikan dan Pelatihan K3 (LPP K3) untuk membantu dan memberikan dukungan bagi pembinaan profesi Ahli K3 Konstruksi dalam bentuk pelatihan-pelatihan K3 Konstruksi yang sekiranya diperlukan oleh para Ahli untuk meningkatkan kemampuannya.

Wawasan keilmuan K3 Konstruksi harus dimiki oleh seorang Ahli K3 Konstruksi yang ingin meningkatkan kompetensi dan keterampilannya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh LPP K3 tersebut.

Disamping itu, Asosiasi A2K4-Indonesia juga secara terjadual menyelenggarakan seminar-seminar dan workshop yang dapat diikuti oleh setiap Ahli K3 Konstruksi untuk menambah wawasan dan pengetahuan sebagai langkah pembinaan yang berkesinambungan.

Secara periodik, Asosasi juga menerbitkan majalah K3 KONSTRUKSI, sebagai majalah yang ditulis oleh para Ahli, yang dapat dijadikan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan dan menjadi sarana meningkatkan hubungan batin antara Ahli K3 Konstruksi. Majalah tersebut dapat diperoleh secara cuma-cuma di Sekretariat Asosiasi. Seluruh Ahli K3 Konstruksi anggota A2K4-Indonesia dapat mengirimkan naskah-naskah yang memuat ide dan prakarsanya untuk dimuat di majalah K3 KONSTRUKSI, untuk meningkatkan kiprah para Ahli K3 Konstruksi dalam sumbagsihnya bagi K3 di bidang Konsruksi.

Salah satu yang sedang diupayakan adalah dibangunnya website A2K4- Indonesia yang hingga sekarang masih dalam proses. Dengan website tersebut komunikasi yang lebih efektif akan segera terlaksana, terutama dalam rangka memberikan bantuan pemecahan masalah yang harus segera ditangani di proyek-proyek konstruksi di daerah. Hubungan jarak jauh dapat teratasi dengan fasilitas email, internet dan millinglist antar anggota dan Asosiasi.
Pengurus Asosiasi dan BSA berupaya untuk meningkatkan sistem uji kompetensi dan sertifikasi Ahli K3 Konstruksi yang mampu mencapai tingkat kesetaraan dengan sertifikasi Internasional.

Penggunaan Gelar Ahli

Untuk memberikan penghargaan kepada Ahli K3 Konstruksi dan meningkatkan kepercayaan diri, serta menumbuhkan kebanggaan di setiap pribadi para Ahli K3 Konstruksi, maka Pengurus A2K4-indonesia mempertimbangkan memberikan gelar yang sesuai kepada para pemegang sertifikasi Ahli K3 Konstruksi.

Dengan memberikan gelar tersebut akan mendorong para Ahli K3 Konstruksi untuk selalu mengembangkan diri dengan meningkatkan dan
memelihara keprofesiannya secara berkelanjutan.

Gelar yang diberikan tersebut adalah:

  • CST (Construction Safety Technician) untuk Ahli Muda K3 Konstruksi,
  • CSE (Construction Safety Engineer) untuk Ahli Madya K3 Konstruksi,
  • CSP (Construction Safety Professional) untuk Ahli Utama K3 Konstruksi.

Gelar tersebut dapat dipakai di setiap kegiatan yang terkait dengan pelaksanaan proyek konstruksi atau dimana saja yang membawa nama baik profesi K3 Konstruksi sesuai dengan Kode Etik A2K4-Indonesia.

Share