A2K4 INDONESIA

DOSEN POLITEKNIK NEGERI JAKARTA MENGIKUTI PELATIHAN AHLI K3-KONSTRUKSI

Pada tanggal 24 s.d. 27 februari 2014, bertempat di gedung Q, Politeknik Jakarta Depok, telah diadakan pelatihan ahli muda K3-Konstruksi untuk para staf pengajar/dosen. Pelatihan ini berlangsung atas kerjasama Asosiasi Ahli K3-Kostruksi Indonesia  dengan Poltek Negeri Jakarta.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para staf pengajar tentang keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, dan untuk diterapkan di bengkel kerja, juga ruang laboratorium. Mampu melakukan identifikasi dan menganalisa bahaya, mengambil tindakan pencegahan serta tindak lanjut perbaikan, mensosialisasikan program-program K3, dan sebagai seorang ahli muda K-Konstruksi mampu menjalankan tugas-tugasnya secara komperhensif. Seperti diketahui bahwa potensi bahaya yang berisiko tinggi terutama di bengkel kerja dan laboratorium. Tanpa dibekali pengetahuan tentang K3, mahasiswa dan dosen dapat terpapar penyakit akibat kerja, atau terjadinya kebakaran dan peledakan di laboratorium karena menggunakan bahan beracun berbahaya saat praktek kerja. Juga dipersiapkan emergency drill ( simulasi  keadaan kondisi darurat, bila terjadi kebakaran, gempa bumi  dan peledakan )

Pelatihan ini juga bermanfaat untuk persiapan menuju budaya k3 tahun 2015. Diharapkan wawasan dan budaya ber-K3 sudah dimulai disaat mahasiswa menuntut ilmu di perguruan tinggi. Sehingga pada saat mereka bekerja, secara otomatis melaksanakan K3 tanpa dipaksa oleh perusahaan.

Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

  1. UU, standar dan peraturan K3
  2. UU Jasa konstruksi kaitannya dengan K3
  3. Pengetahuan dasar K3
  4. Manajemen dan administrasi K3
  5. Manajemen pelatihan dan kompetensi
  6. Higiene perusahaan dan proyek
  7. Manajemen lingkungan
  8. K3  pekerjaan konstruksi
  9. K3 pekerjaan mekanikal dan elektrikal
  10. K3 pada pemakaian tangga dan perancah
  11. K3 pada alat angkat dan angkut
  12. K3 peralatan konstruksi
  13. Kesiagaan dan sistim tanggap darurat
  14. Sistim pemadam kebakaran
  15. Pengetahuan inspeksi K3
  16. Observasi lapangan dan penyusunan makalah seminar

Untuk observasi lapangan telah dilaksanakan di proyek  pembangunan Hospital Depok. Tujuan  observasi lapangan agar para peserta mendapat manfaat ganda berupa peningkatan kapabilitas peserta di bidang K3 dan menjadi masukan yang positif bagi proyek.

Observasi lapangan, dengan melihat  dari  beberapa yaitu ; aspek manajerial, organisasi keteknikan K3 dimana selama di kelas peserta dibekali  teori, dipandu oleh nara-sumber yang berpengalaman. Hasil observasi lapangan disusun menjadi satu makalah kelompok dan dipresentasikan dan program seminar. Pada saat seminar, akan terjadi diskusi yang hangat antar peserta.

Tentunya pelatihan seperti ini dapat diikuti oleh lembaga pendidikan yang serupa, sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi lulusan politeknik, persiapan untuk bekerja.( K3-Konstruksi/Zainal Bakti )

Instruktur sedang menjelaskan materi kepada peserta pelatihan K3-Konstruksi ( Dokumentasi Mahdi )

Peserta pelatihan sedang menyimak materi ajar yang sedang disampaikan instruktur ( Dokumentasi Mahdi )

Petugas Proyek sedang menjelaskan kepada peserta  kegiatan di lapangan ( Dokumentasi  Mahdi )

Proyek Pembangunan Hospital Depok ( Dokumentasi Mahdi )

Share

INFORMASI LAINNYA

liputanpelatihan-ahli-muda-k3 Asosiasi Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4-I) Wilayah Sumatera Selatan, bekerja sama dengan LSP 3 Konstruksi (BNSP), LPJK-P Sumsel dan IMTSI Komisatariat Polsri menggelar kembali "Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi" untuk...
undangan-seminar-nasional-k3-mrtNo. : 010/A2K4-I/DPW-JKT/SU/II/15 Jakarta, 5 Februari 2015 Perihal : Undangan Seminar Lampiran:-Kepada Yth, Bapak/lbu di tempat. Dengan horrnat, Sehubungan akan diadakannya kegiatan seminar dengan tema "Mengamankan Kontrak  Proyek Mass Rapid...
sk-vva-a2k4-i-untuk-seluruh-indonesiaLEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONALNational Construction Services Development  Board KEPUTUSANLEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONALNOMOR :108/KPTS/LPJK-NN/2014TENTANG PERUBAHAN LAMPIRAN KEPUTUSAN LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI...