A2K4 INDONESIA

PELATIHAN AHLI MUDA K3 KONSTRUKSI JAYAPURA, 9 - 12 FEBRUARI 2016 OLEH A2K4-INDONESIA DPW PROVINSI PAPUA

Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan kerja Konstruksi Indonesia Wilayah Provinsi Papua

Angka kecelakaan kerja di sektor konstruksi di Seluruh Indonesia pada umumnya Semakin meningkat dari angka kecelakaan di sektor lainnya seperti sektor manufaktur maupun industri. Tingginya angka kecelakaan kontruksi bersumber dari berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain pekerjaan yang beresiko tinggi, rendah dan kurangnya tenaga ahli K3 konstruksi,serta rendahnya komitmen pengusaha penyedia jasa dan pengguna jasa yang belum memahami pentingnya pengetahuan K3 dalam pekerjaan konstruksi.

Untuk itu Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan kerja Konstruksi Indonesia Wilayah Provinsi Papua mengadakan pelatihan ahli K3 konstruksi angkatan 182 yang di ikuti oleh 28 Peserta yang berasal dari Kontraktor, Konsultan , mahasiswa/I dari beberapa kampus di Provinsi Papua. Pelatihan ini di laksanakan bekerjasama dengan PJK3 PT.Sepro Indotama dan juga perwakilan Instansi pemerintah Balai pelatihan wilayah VII Jayapura serta Disnaker Kota Jayapura. Selama 4 hari ( 9-12 february 2016 ) semua peserta mendapatkan materi K3 yang sangat luar biasa dari pera narasumber yang sudah berpengalaman di bidang K3 konstruksi. Adapun Observasi lapangan di laksanakan pada proyek MultiYear terbesar yang sedang berjalan di tanah papua saat ini yaitu Pembangunan jembatan Holtekam Hamadi-Koya Jembatan penghubung kota jayapura dan muara tami daerah perbatasan Indonesia – PAPUA NEW GUINEA dan mendapatkan pengarahan Langsung Oleh PPK Balai Besar Jalan Nasional Wilayah X Jayapura, Papua. Yang mewakili oleh Ibu Bilha USU,ST,CST.

Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan kerja Konstruksi Indonesia Wilayah Provinsi Papua

Kegiatan Pelatihan Ahli K3 Konstruksi di buka oleh Ketua Wilayah A2K4-Indonesia Bpk. Jeffry Yuliyanto W. ,ST, CST dan Perwakilan balai Pelatihan Konstruksi Wilayah VII di wakilkan oleh Bpk.Yusuf Rahman ST, MT, CST serta Perwakilan Disnaker Kota Jayapura yaitu Bpk. Herdian Tobo,ST ( Pengawas K3 ) .

Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan kerja Konstruksi Indonesia Wilayah Provinsi Papua

Di harapkan pelatihan K3 Konstruksi ini dapat terus di laksanakan , mengingat banyak penguna jasa dan penyedia jasa yang belum memahami secara penuh K3 Konstruksi dan kesadaran semua pihak dalam keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja.

Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan kerja Konstruksi Indonesia Wilayah Provinsi Papua

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 18 tahun 1999 Tentang: Jasa Konstruksi, dalam bagian Kedua Persyaratan Usaha, Keahlian, dan Keterampilan, Pasal 9, diamanatkan bahwa setiap Perencana Konstruksi, Pelaksana Konstruksi, Pengawas Konstruksi orang perseorangan, harus memiliki sertifikat keahlian. Termasuk bagi tenaga kerja yang melaksanakan perkerjaan keteknikan bekerja pada pelaksana konstruksi, harus memiliki sertifikat keterampilan dan keahlian kerja. Permen PU No 05/2014 tentang SMK3 di bidang konstruksi dan SE Menteri PUPR No. 66 /2015 Tentang Biaya K3 konstruksi.

Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan kerja Konstruksi Indonesia Wilayah Provinsi Papua

Demikian pula dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI melalui Surat Keputusan Dirjen Binwasker No. Kep. 20/ DJPPK/VI/2004, tentang Sertifikat Kompetensi K3 bidang Konstruksi Bangunan, termasuk di dalamnya Ahli Konstruksi. Kondisi seperti inilah yang mendasari Asosiasi Ahli K3 Konstruksi – Indonesia (A2K4-Indonesia) berkewajiban untuk segera melaksanakan pelatihan dan sertifikasi Ahli Muda K3 Konstruksi di wilayah provinsi papua pada Khususnya.

Dewan Pengurus Wilayah Provinsi Papua
Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi – Indonesia (A2K4-Indonesia)

Jeffry Yulianto W., ST, CST
Ketua Wilayah

 

Share

INFORMASI LAINNYA

pemberitahuan-libur-tahun-baru SURAT PEMBERITAHUANNo. 151/A2K4-Indonesia/XII/2014 Sehubungan dengan Tutup Tahun dan Tahun Baru 2015, bersama ini kami beritahukan kepada seluruh pengurus dan anggota A2K4-Indonesia bahwa :Hari Rabu, tanggal 31 Desember 2014 (buka pukul 8.00 –...
pelatihan-ahli-muda-k3-konstruksiLATAR BELAKANG Dalam rangka pemenuhan tenaga Ahli K3 Konstruksi untuk sertifikasi Sistim Manajemen K3 berdasarkan PP Nomor 50 tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), disebutkan bahwa Semua tenaga Ahli bidang K3...
surat-pemberitahuan-pindah-alamat-kantorSURAT PEMBERITAHUANNo. 136/A2K4-Indonesia/XJ2014 Kepada Yth,di tempat Dengan hormat, Bersama ini kami memberitahukan  bahwa terhitung sejak Senin, 27 Oktober 2014, A2K4-Indonesia,   PT.  Sepro  Indotama  dan  PT.  Alkon  Indo  Scaffolding  telah...