A2K4 INDONESIA

LiputanPelatihan Ahli Muda K3

Peserta Sedang Mengikuti Observasi Lapangan Pada Proyek Pembangunan Rumah Susun Jakabaring Sport City

Asosiasi Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4-I) Wilayah Sumatera Selatan, bekerja sama dengan LSP 3 Konstruksi (BNSP), LPJK-P Sumsel dan IMTSI Komisatariat Polsri menggelar kembali "Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi" untuk angkatan 216. Pelatihan tersebut digelar selama lima hari terhitung dari tanggal 4-8 Februari 2018. Dengan diikuti sebanyak 71 peserta umum, yang mayoritas nya adalah mahasiswa semester akhir dari berbagai perguruan tinggi.

Rangkaian acara Pelatihan dilakukan di ruang pertemuan Hotel Majestic Palembang dan dibukalangsung oleh Bapak Efrin,SKM selaku perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi SUMSEL didampingi oleh Ketua LPJK P Sumsel Bpk. Ir H. Sastra Suganda.

Ketua DPW A2K4-I Sumsel, Bapak H. Amiruddin ST. M. Eng, Sc. CSE, mengatakan bahwa pelatihan ini telah rutin digelar setiap tahunnya untuk menggiatkan pentingnya budaya K3 di kalangan pekerja, karena tingkat kesadaran K3 yang dinilai masih rendah. Pelatihan ini penting dilakukan untuk memperkecil angka kecelakaan kerja yang dapat terjadi di lingkungan kerja konstruksi, khususnya pada ahli-ahli muda yang akan berhadapan dengan dunia kerja. Selama mengikuti pelatihan, dari hari pertama hingga hari kelima, peserta mengikuti berbagai test, seperti ujian praktek dan ujian tertulis yang berupa, pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan setelah pemberian materi-materi yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Hasil test nantinya akan memiliki pengaruh dalam penilaian selama mengikuti pelatihan tersebut.

Selain mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai K3, di akhir pelatihan, peserta akan mendapatkan sertitifikat Pelatihan A2K4-Indonesia, SKA Ahli Muda KEMNAKER RI, dan SKA Ahli Muda Konstruksi BNSP atau LPJK. Bapak Amiruddin juga menganjurkan peserta pelatihan untuk mengikuti rangkaian kegiatan yangtelah disiapkan oleh panitia dengan baik agar tidak menemui hambatan dalam mendapatkan sertifikat Ahli K3 tersebut.

Ditambahkan oleh Bapak Irfa Kodri, ST, CSE, selaku ketua pelaksana sekaligus sekretaris umum DPW A2K4-I Sumsel, Sertifikat tersebut sangat berguna dalam dunia kerja, mengingat Undang-undang dan peraturan pemerintah yang mengharuskan tenaga kerja konstruksi bersertifikat. Sehingga pekerja yang telah mengikuti sertifikasi akan memiliki peluang kerja dan kesejahteraan yang lebih besar. Sedangkan untuk perusahaan yang memperkerjakan tenaga kerja yang bersertifikat akan mendapatkan keuntungan berupa peningkatkan produktivitas dengan meminimalisir kecelakaan kerja dan sakit akibat kerja, sehingga akan meningkatkan reputasi perusahaan tersebut. Disela acara, kami berkesempatan wawancara dengan salah satu peserta, Aslamiah, salah satu peserta yang mengikuti peserta Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi, mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi diadakannya pelatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan ini memiliki banyak manfaat dan dapat menambah bekal ilmu untuk nantinya menghadapi dunia kerja dan meningkatkan kesejahteraan bagi yang sudah bekerja.

Peserta Sedang bertanya Kepada Narasumber

Dengan diadakan nya pelatihan ini, diharapkan kedepannya akan menghasilkan ahli-ahli muda yang tangguh dan handal, yang memiliki kesadaran tinggi akan kesehatan dan keselamatan kerja. Sehingga banyaknya pembangunan infrastruktur diindonesia akhir-akhir ini akan sukses dengan zero accident. Berikut gambar enjoy namun seriusnya peserta mengikuti pelatihan. (LPM)

Share

INFORMASI LAINNYA

pemberitahuan-libur-tahun-baru SURAT PEMBERITAHUANNo. 151/A2K4-Indonesia/XII/2014 Sehubungan dengan Tutup Tahun dan Tahun Baru 2015, bersama ini kami beritahukan kepada seluruh pengurus dan anggota A2K4-Indonesia bahwa :Hari Rabu, tanggal 31 Desember 2014 (buka pukul 8.00 –...
pameran-indonesia-infrastructure-week-2015 Pameran Indonesia Infrastructure week 2015, tanggal 4-6 November 2015, yang diadakan di JCC-Jakarta, adalah acara pameran internasional  yang menyampaikan informasi tentang langkah-langkah yang  telah dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan dan...