A2K4 INDONESIA

Bunga Rampai

Banyak orang tidak sempat membaca karena kesibukan dengan pekerjaan sehari-hari, mereka mencoba mengunduh informasi via internet. Dengan hanya melihat sekilas dia merasa sudah memahami secara total isi dari artikel tersebut. Lalu,  menjelaskan kepada seseorang yang bertanya kepadanya, tentunya dengan versinya. Kadangkala penjelasan itu banyak yang mentah, disaat seseorang bertanya kepadanya lebih dalam lagi, dia tidak mampu menjawab. Penanya itu tidak puas, kemana sebaiknya ia bertanya ? Inilah peran dari nara sumber yang berkompeten, yang akan menjawab dan menjelaskan secara tuntas pertanyaan yang disampaikan.

Pernah kejadian, dalam suatu seminar orang tipe seperti itu menjadi nara sumber, pada waktu tanya jawab, terjadi perdebatan sengit antara nara sumber dengan peserta, dimana terjadi debat kusir, karena nara sumber tidak berhasil meyakinkan “ si penanya “ dengan jawabannya. Saat itulah dibutuhkah orang yang berkompeten dalam bidang tersebut menjelaskan secara benar dan komperhensif……

Kesimpulannya seseorang apabila dia ingin menjelaskan “ sesuatu “ harus juga mencari referensi dari berbagai sumber, barangkali mengikuti pelatihan, seminar, workshop, dll, sehingga memperkaya wawasan sehingga menjadi orang yang berkompeten ( Knowledge, Skill dan Attitute )….

Share