A2K4 INDONESIA

SAYA PILIH SELAMAT BERSAMA PROGRAM SAFE PRO

Setiap orang bebas memilih, setiap orang punya pilihan yang berbeda. Berbagai pilihan ditampilkan didepan kita, kita bebas dan tinggal memilih. Setiap pilihan punya resiko, resiko tersebut bisa kecil, menengah dan  besar. Sebagai orang yang berkecimpung dengan keselamatan dan kesehatan kerja pilihan yang terbaik adalah “ Saya Pilih Selamat “, Untuk pilhan itu kita harus membuat program kerja, yang akan menjamin kita sehat dan selamat, dimana kecelakaan kerja dapat kita minimalisasi atau kita hindari, Tentunya program  ini  disosialisasikan dan diterapkan secara konsisten dan benar.

Safepro adalah suatu paket program kerja yang diciptakan oleh A2K4-I untuk merubah mindset (pola pikir) dan perilaku menuju kepada budaya perusahaan, lebih daripada pencapaian sebuah sistim manajemen K3. Safepro adalah program yang tidak kaku, sesuai dengan budaya setempat dan disusun bersama manajemen perusahaan dengan mengikuti 4 (empat) tahapan.

 

Pendekatan safepro kepada tiga pilar utama : Change mindset K3 pelaku organisasi, sistim manajemen yang sedang dijalankan dan kenyataan operasi dilapangan. Disebut pertama adalah change mindset karena manusialah pelaku utama dari sistim manajemen (kebijakan, manual, pedoman, aturan ataupun rekaman (bukti) yang tertulis) dan kenyataan operasi adalah gambaran sebenarnya yang tidak bisa dipoles dan direkayasa.

Melangkah atau tidak, tetap ada  resiko ?

 

Mengapa memilih Safepro ?

Safepro melibatkan manajemen puncak (Direksi baik secara kelompok dan individu) dan kelompok menengah (para manajer dan konseptor) serta supervisor (lini terdepan pekerja) secara penuh, tegas (tidak mengenal istilah setengah-setengah) dalam menjalankan tugas dan tanggung-jawabnya dengan sepenuh hati, pikiran dan perbuatan. Safepro pada akhirnya dijalankan dan dipelihara serta diajarkan kepada pelaku (semua orang di perusahaan) oleh manajemen perusahaan itu sendiri, bukan oleh konsultan, jadi mereka dipastikan yakin, bangga dan mampu menjalankannya sendiri.

Tidak ada pilihan setengah-setengah (atau ditengah) maksudnya adalah ketegasan untuk menjawab ya atau tidak, tidak ada pilihan ragu-ragu. Jika pilihan akhirnya tidak maka Safepro membuatnya menjadi “ya” (lewat kesadaran berpikir, keyakinan dan pilihan), demikian pula jika seseorang ragu-ragu maka Safepro membuatnya menjadi yakin dan berubah menjadi “ya”.

Pertanyaan-pertanyaan “awal” yang diajukan Safepro sangat tajam, tidak basa-basi langsung kesasarannya dan hasilnya sangat menentukan apakah ada keyakinan dan kemauan untuk berubah, jika jawabannya “ya” maka program Safepro dilanjutan, jika jawabannya “ragu-ragu atau tidak” maka program Safepro, “stop” sampai disini, tidak perlu dilanjutkan karena akan percuma dan buang-buang uang saja.

Keberhasilan Program Safepro haruslah merupakan keberhasilan bersama perusahaan yang menjalankan dan keberhasilan A2K4-I karena budaya K3 secara nasional adalah sasaran bersama bangsa Indonesia, program Safepro bukanlah paket yang dijual dan selanjutnya terserah dipakai atau tidak adalah hak perusahaan yang membelinya (zbz)

 

 

Bahaya akan muncul dari berbagai penjuru…..

 

Bila anda berminat mengenal Safepro dan ingin menerapkan di perusahaan, silahkan hubungi  This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it atau telp. 081617377315

INFORMASI LAINNYA

pelatihan-ahli-muda-k3-konstruksi-jayapura-9-12-februari-2016-oleh-a2k4-indonesia-dpw-provinsi-papua Angka kecelakaan kerja di sektor konstruksi di Seluruh Indonesia pada umumnya Semakin meningkat dari angka kecelakaan di sektor lainnya seperti sektor manufaktur maupun industri. Tingginya angka kecelakaan kontruksi bersumber dari berbagai faktor....
kewenangan-kepada-a2k4-i-tingkat-provinsi-melakukan-veriflkasi-dan-validasi-awal-KEPUTUSAN LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONALNOMOR 04/KPTS/LPJK-N/XI/2014 TENTANGPERUBAHAN KE LlMA LAMPIRAN KEPUTUSAN LEMSAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONAL NOMOR 56/KPTS/LPJK-N/IV/2014 TENTANG PENETAPAN KEWENANGAN UNTUK MELAKUKAN...
batas-pelaksanaan-konversi-ska-lpjkBatas Pelaksanaan Konversi SKA/SBU Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan dari Kementrian Pekerjaan Umum Badan Pembinaan Konstruksi, mengenai Batas Pelaksanaan persyaratan Registrasi Ulang/Konversi  Sertifikat Keahlian dan Sertifikat Badan Usaha...