A2K4 INDONESIA

SEMINAR DAN PELATIHAN K3 KONSTRUKSI

Seminar dan Pelatihan K3 Konstruksi, Jakarta 10 Maret 2016 www.a2k4-ina.net

Dewan Pengurus Pusat A2K4-Indonesia bekerjasama dengan Kementerian PUPR Republik Indonesia  pada tanggal 10 Maret 2016, bertempat di Ruang Serbaguna Gedung lt 17 Kementerian PUPR Republik Indonesia, Jalan Patimura Kebayoran Baru Jakarta Selatan mengadakan seminar dan pelatihan K3 sehari penuh.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi PUPR Yusid Toyib, membuka acara ini berpesan agar K3 Konstruksi dilaksanakan secara konsisten dan benar, sehingga akhirnya menjadi budaya dalam bekerja.  Acara ini dihadiri sekitar dua ratus orang peserta,  peserta yang hadir dari berbagai perusahaan diseluruh Indonesia,  didominasi oleh penyedia jasa yang selama ini banyak mengerjakan proyek-proyek ke-pu-an.

Topik yang dibahas pada acara ini antara lain, Rencana K3 Kontrak dan Biaya K3 Konstruksi, dengan narasumber dari A2K4-Indonesia yaitu : Anas Zaini Ikhsan dan Dominggus Manuputty dengan moderator Kusumo Dradjad Sutjahjo.

  • Rencana K3 Kontrak merupakan bagian yang   terintegrasi dengan dokumen pelelangan, yang  telah disiapkan pada saat dokumen penawaran disampaikan.
  • Biaya Penyelanggaraaan K3 Konstruksi, seperti disampaikan oleh narasumber, dasar hukum menghitung biaya K3 Konstruksi adalah Surat Edaran Mempupera No.66/SE/M/2015. Dengan demikian biaya K3 Konstruksi yang selama ini sering menjadi polemik menjadi lebih jelas dan rinci. Diharapkan penyedia jasa tidak ada lagi keragu-raguan untuk memasukkan biaya K3 Konstruksi dalam dokumen penawaran. Demikian juga Pengguna Jasa dapat dengan tegas menolak penyedia jasa yang tidak memasukkan biaya K3 Konstruksi dalam penawarannya. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan K3 Konstruksi dapat dilaksanakan secara maksimal (Safety is My life)

Melihat antusias peserta  dan pentingnya materi  seminar ini, rasanya perlu diadakan acara yang sama dibeberapa kota di Indonesia, dengan demikian budaya K3 di dunia konstruksi bukan sekedar impian, tapi akan menjadi kenyataan.

Peserta seminar K3 Konstruksi tgl 10 Maret 2016

Narasumber  dan moderator pada acara seminar K3 Konstruksi

Narasumber  dan moderator pada acara seminar K3 Konstruksi

Peserta dengan tekun mendengarkan paparan dari narasumber

Peserta dengan tekun mendengarkan paparan dari narasumber

 

Salam K3,

Zainal Bakti

Zainal Bakti
Ketua II

INFORMASI LAINNYA

bulan-k3-2016-safety-is-my-life- Tanggal 12 Januari 2016 bertempat di Kantor KementerianTenaga Kerja Jalan Gatot Subroto Jakarta, dalam rangka dimulainya bulan K3 tahun 2016 telah diadakan kegiatan  antara lain :Upacara bendera yang dipimpin oleh Menteri Tenaga Kerja RI,...
program-distance-learning-pelatihan-k3-konstruksiMengoptimalkan program sosialisasi suatu peraturan atau kebijakan dan sejenisnya memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Satu cara yang tergolong baru kini sudah mulai diterapkan oleh Balai Peningkatan Keahlian Konstruksi Badan Pembinaan Konstruksi...
gelar-keahlianUntuk memberikan penghargaan yang setara dan meningkatkan kepercayaan diri, serta menumbuhkan kebanggaan di setiap pribadi para Ahli K3 Konstruksi, maka Pengurus A2K4-indonesia mempertimbangkan memberikan gelar yang sesuai kepada para pemegang...